BAB 11 – STRATEGI BISNIS UNIT PT WINGS
Strategi Generik M. Porter

Strategi
Keunggulan Biaya
Strategi keunggulan biaya
adalah strategi yang lebih memperhitungkan para pesaing daripada pelanggan.
Perusahaan memfokuskan pada harga jual yang murah pada pembeli.
Strategi keunggulan biaya ini
dipilih karena :
Wings memiliki ketrampilan dan
sumberdaya umum sebagai berikut :
a.
Wings menghasilkan produk yang terjangkau masyarakat luas.
b.
Wings kuat dalam jaringan distribusi sehingga ketika meluncurkan
produk baru lebih mudah dengan dukungan distribusi yang luas dan dalam.
c.
Wings menguasai industri oleochemical sehingga
industri toiletris atau industri detergen bisa dikuasai.
VALUE
CHAIN UNTUK COST LEADERSHIP
Biaya perunit terdiri dari
beberapa biaya yg dihasilkan oleh beberapa aktivitas yg berbeda. setiap
aktivitas memiliki struktur biaya yg terpisah dan dipengaruhi oleh
faktor-faktor penentu biaya (cost driver). analisa rantai nilai berguna sebagai
kerangka kerja untuk memilah/ memecah perusahaan kedalam aktivitas-aktivitas
yang bertujuan untuk mengidentifikasi :
·
Besar kecilnya pengaruh biaya suatu aktivitas terhadap total biaya.
·
Penentu-penentu biaya dalam setiap aktivitas dan mengapa
perusahaan dapat efisien dan efektif dalam aktivitasnya.
·
Bagaimana biaya-biaya dalam suatu aktivitas mempengaruhi biaya
aktivitas lainnya.
·
Aktivitas mana saja yg perlu dilakukan sendiri oleh perusahaan dan
mana yg diserahkan ke pihak luar (outsourching).
Tahapan
dalam melakukan Analisa Rantai Nilai :
1.
Memecah unit bisnis perusahaan menjadi beberapa unit aktivitas.
pembagian ini dapat dilakukan dengan beberapa pertimbangan yaitu:
· Wings melakukan pemisahan suatu aktivitas dengan aktivitas lainnya
yaitu aktifitas produksi produk, pengembangan produk, penjualan produk,
dan customer service.
· Wings mengidentifikasi tingkat kepentingan suatu aktivitas.
· Wings menganalisa perbedaan dari tiap aktivitas berdasarkan
faktor-faktor penentu biaya dan Perbedaan-perbedaan yg dilakukan oleh para
pesaing dalam menjalankan suatu aktivitas tertentu.
2.
Alokasi total biaya kepada tiap aktivitas.
3.
Jika tujuan dari analisa rantai nilai adalah untuk efisiensi biaya
maka pembagian dan pengalokasian total biaya kedalam tiap aktivitas dapat
dilakukan dengan mempertimbangkan aktivitas-aktivitas mana yg berpotensi untuk
pengurangan biaya.
4.
Identifikasi faktor-faktor penentu biaya
Untuk setiap aktivitas, Wings
melakukan analisa, identifikasi dan penentuan faktor-faktor yang sangat
menentukan/ mempengaruhi tingkat biaya relatif dibandingkan pesaing.
5.
Identifikasi keterkaitan biaya.
Biaya suatu aktivitas dapat
mempengaruhi/ dipengaruhi oleh cara-cara bagaimana aktivitas lain dilakukan.
misal:
·
Pembelian bahan baku yang banyak akan menurunkan biaya produksi.
·
Desain pada produk Wings meningkatkan skala ekonomi dalam
memproduksi.
·
Ketidakmampuan dalam memesan bahan baku akan meningkatkan biaya
penyimpanan persediaan.
6.
Membuat rekomendasi untuk pengurangan biaya
Setelah proses identifikasi keterkaitan biaya
pada aktivitas, maka Wings dapat menentukan aktivitas mana yang perlu dilakukan
penurunan biaya. Wings kuat dalam jaringan distribusi sehingga ketika meluncurkan
produk baru lebih mudah dengan dukungan distribusi yang luas dan dalam. Salah
satunya pada produk toiletris atau produk detergen Wings menguasai industri oleochemical,
sehingga dapat dilakukan penurunan biaya. Maka industri toiletris atau industri
detergen menguasai pasar dikarenakan harga yang lebih terjangkau dibandingkan
dengan merek pesaing.
Setelah proses identifikasi
keterkaitan biaya pada aktivitas, maka Wings dapat menentukan aktivitas mana
yang perlu dilakukan penurunan biaya.
Teknik-teknik
penurunan biaya
1.
Total Quality Management
Perbaikan
kualitas dengan menurunkan biaya melalui :
·
Penyederhanaan proses
·
Peningkatan tanggung jawab pada bawahan untuk mengatasi penurunan
biaya
·
Mendorong proses inovasi
·
Mengurangi biaya supervisi dan pemeliharaan
·
Memotong jumlah persediaan dan barang dalam proses
2. Restrukturisasi perusahaan
Proses
retrukturisasi perusahaan melibatkan beberapa macam ukuran penurunan biaya :
1)
Perbaikan pabrik untuk meningkatkan kapasitas dan menghilangkan
teknologi yg sudah usang.
2)
Memberikan pengerjaan produksi dan jasa pemasaran kepada pemasok
yg lebih unggul dalam biaya rendah
3)
Efisiensi manajerial melalui:
·
Penyederhanaan struktur organisasi
·
Mengurangi biaya administrasi
·
Menerapkan aplikasi target keuangan dan kontrol
·
Memberikan insentif pada penurunan biaya
·
Proses Perekayasaan Ulang Bisnis
Pada proses bisnis untuk
mencapai perbaikan kinerja perusahaan yaitu dengan biaya, kualitas produk, dan
pelayanan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar