Jumat, 28 Juni 2019

MANAJEMEN STRATEGI PT WINGS #BAB10




BAB 10 – VARIASI STRATEGI PT WINGS


Strategi Manajer perusahaan dan kaitannya dg Kuadran I :



Pada kuadran I ( SO Strategi ) strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan.



Pengembangan Produk (Product  Development)



Meningkatkan penjualan dengan cara memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada.



Strategi yang digunakan :



a.       Produk-produk wings menjadi market leader karena produk wings memiliki kualitas yang baik dengan harga yang murah dibandingkan pesaingnya.



b.      Wings sangat perkasa di industri detergen melalui sejumlah merek unggulan nya adalah daia, nuvo, ciptadent, dsb.



c.       Wings menciptakan inovasi baru dengan mengeluarkan produk makanan, seperti: jasjus, segar dingin, mie sedaap, kecap sedaap, ale-ale, dsb.







·         Kaitannya dengan Kuadran (SO Strategi) :



Wings dikenal sebagai industri deterjen namun wings mempertaruhkan brand companynya dengan sebuah terobosan dan keberanian wings menciptakan produk makanan salah satunya mie sedaap yang telah menjadi merek fenomenal dipasar mie instant.







Strategi Manajer perusahaan dan kaitannya dg Kuadran II :



Pada kuadran II ( W O Strategi ) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.



Penetrasi Pasar (Market Penetration)



Meningkatkan pangsa pasar yang ada untuk produk tertentu melalui usaha pemasaran secara besar-besaran.



Strategi yang digunakan :



a.       Industri deterjen dari wings yang merupakan produk sejenis milik unilever namun wings menjadi produk yang unggul dikalangan pesaing nya karena kualitasnya yang sama bagus dengan harga lebih terjangkau.



b.      Wings berupaya masuk ke pasar negara berkembang dengan penetrasi produk detergennnya dengan memasukkan ukuran kecil ½ kg dan 1kg dibandingkan dengan produsen yang ada di negara berkembang seperti AS atau Eropa yang mengemas produk detergennya berukuran 3-5 kg.







·         Kaitannya dengan Kuadran II (WO Strategi)  :



Wings memperluas pasarnya ke negara berkembang yang jumlah penduduknya banyak seperti Amerika Latin, India, Cina. Wings membangun merek dan tim pemasaran di luar negeri untuk lebih bisa menggarap pasar luar. Dan semakin memperkuat jaringan distribusi ke luar negeri.







Strategi Manajer perusahaan dan kaitannya dg Kuadran III :



Pada kuadran III ( S T Strategi ) menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan diversifikasi untuk menciptakan peluang.



Diversifikasi Konglomerat



Menambah produk-produk baru yang tidak saling berhubungan untuk pasar yang berbeda.



Strategi yang digunakan :



a.       Wings memproduksi produk baru dengan mengeluarkan produk makanan, seperti: mie sedaap dengan berbagai macam varian rasa, kecap sedaap, dsb.



b.      Selain di pasar mie instan, Wings juga membombardir pasar dengan produk minuman jasjus dan ale-ale. Kedua produk ini cukup mengkilap di pasar.







·         Kaitannya dengan Kuadran III (ST Strategi)



Menambah portofolio produk di segmentasi pasar yang berbeda. Hal tersebut bisa dilihat dimana Wings tak hanya berada di pasar detergen saja namun juga memproduksi produk makanan “mie sedaap, kecap sedaap, dsb” serta ke produk minumam yaitu “jasjus dan ale-ale.”







Strategi Manajer perusahaan dan kaitannya dg Kuadran IV :



Pada kuadran IV ( W T Strategi ) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.



Integrasi ke depan (Forward Integration)



Mendapatkan kepemilikan atau meningkatkan kontrol atas penjalur atau penjual eceran



Strategi yang digunakan :



a.       Distribusi produk di pasar fisik melalui distributor lokal.



b.       Menjalin kerjasama dengan distributor lokal untuk memberikan layanan pembelian produk.







·         Kaitannya dengan kuadran IV (WT Strategi) :



Menjalin kerjasama dengan distributor dalam menambah dan meningkatkan layanan pembelian produk di implementasikan Wings dalam melakukan distribusi penjualan di pasar fisik serta membuka outlet di berbagai tempat yang strategis sehingga dapat mengurangi keluhan customer.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar