BAB 10 – VARIASI STRATEGI PT
WINGS
Strategi Manajer perusahaan dan
kaitannya dg Kuadran I :
Pada kuadran I ( SO Strategi )
strategi umum yang dapat dilakukan oleh perusahaan adalah menggunakan kekuatan
perusahaan untuk mengambil setiap keunggulan pada kesempatan.
Pengembangan Produk
(Product Development)
Meningkatkan penjualan dengan
cara memperbaiki atau mengembangkan produk-produk yang sudah ada.
Strategi yang digunakan :
a.
Produk-produk wings menjadi market leader karena produk wings memiliki kualitas
yang baik dengan harga yang murah dibandingkan pesaingnya.
b.
Wings sangat perkasa di industri detergen melalui sejumlah merek unggulan nya
adalah daia, nuvo, ciptadent, dsb.
c.
Wings menciptakan inovasi baru dengan mengeluarkan produk makanan, seperti:
jasjus, segar dingin, mie sedaap, kecap sedaap, ale-ale, dsb.
·
Kaitannya dengan Kuadran (SO Strategi) :
Wings dikenal sebagai industri
deterjen namun wings mempertaruhkan brand companynya
dengan sebuah terobosan dan keberanian wings menciptakan produk makanan salah
satunya mie sedaap yang telah menjadi merek fenomenal dipasar mie instant.
Strategi Manajer perusahaan dan
kaitannya dg Kuadran II :
Pada kuadran II ( W O Strategi
) perusahaan dapat membuat keunggulan pada kesempatan sebagi acuan untuk
memfokuskan kegiatan dengan menghindari kelemahan.
Penetrasi Pasar (Market
Penetration)
Meningkatkan pangsa pasar yang
ada untuk produk tertentu melalui usaha pemasaran secara besar-besaran.
Strategi yang digunakan :
a.
Industri deterjen dari wings yang merupakan produk sejenis milik unilever namun
wings menjadi produk yang unggul dikalangan pesaing nya karena kualitasnya yang
sama bagus dengan harga lebih terjangkau.
b.
Wings berupaya masuk ke pasar negara berkembang dengan penetrasi produk
detergennnya dengan memasukkan ukuran kecil ½ kg dan 1kg dibandingkan dengan
produsen yang ada di negara berkembang seperti AS atau Eropa yang mengemas
produk detergennya berukuran 3-5 kg.
·
Kaitannya dengan Kuadran II (WO Strategi) :
Wings memperluas pasarnya ke
negara berkembang yang jumlah penduduknya banyak seperti Amerika Latin, India,
Cina. Wings membangun merek dan tim pemasaran di luar negeri untuk lebih bisa
menggarap pasar luar. Dan semakin memperkuat jaringan distribusi ke luar
negeri.
Strategi Manajer perusahaan dan
kaitannya dg Kuadran III :
Pada kuadran III ( S T Strategi
) menjadikan setiap kekuatan untuk menghadapi setiap ancaman dengan menciptakan
diversifikasi untuk menciptakan peluang.
Diversifikasi Konglomerat
Menambah produk-produk baru
yang tidak saling berhubungan untuk pasar yang berbeda.
Strategi yang digunakan :
a.
Wings memproduksi produk baru dengan mengeluarkan produk makanan, seperti: mie
sedaap dengan berbagai macam varian rasa, kecap sedaap, dsb.
b.
Selain di pasar mie instan, Wings juga
membombardir pasar dengan produk minuman jasjus dan ale-ale. Kedua produk ini
cukup mengkilap di pasar.
·
Kaitannya dengan Kuadran III (ST Strategi)
Menambah portofolio produk di segmentasi
pasar yang berbeda. Hal tersebut bisa dilihat dimana Wings tak hanya berada di
pasar detergen saja namun juga memproduksi produk makanan “mie sedaap, kecap
sedaap, dsb” serta ke produk minumam yaitu “jasjus dan ale-ale.”
Strategi Manajer perusahaan dan
kaitannya dg Kuadran IV :
Pada kuadran IV ( W T Strategi
) Meminimumkan segala kelemahan untuk menghadapi setiap ancaman.
Integrasi ke depan (Forward
Integration)
Mendapatkan kepemilikan atau
meningkatkan kontrol atas penjalur atau penjual eceran
Strategi yang digunakan :
a.
Distribusi produk di pasar fisik melalui distributor lokal.
b.
Menjalin kerjasama dengan distributor lokal untuk memberikan
layanan pembelian produk.
·
Kaitannya dengan kuadran IV (WT Strategi) :
Menjalin kerjasama dengan
distributor dalam menambah dan meningkatkan layanan pembelian produk di
implementasikan Wings dalam melakukan distribusi penjualan di pasar fisik serta
membuka outlet di berbagai tempat yang strategis sehingga dapat mengurangi
keluhan customer.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar