BAB 3 - ANALISIS SMART PADA VISI, MISI, DAN
TUJUAN PT. WINGS
SIMPLE
Smart merupakan poin analisis dimana tujuan harus dirumuskan dalam suatu yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua anggota perusahaan. Menurut saya, PT Wings mempunyai visi yang sudah dijalankan dengan baik terbukti bahwa PT Wings mampu membuktikan dirinya mampu bermanfaat bagi masyarakat. PT Wings terus berkembang dan berinovasi demi memenuhi kebutuhan berbagai produk rumah tangga. Ini artinya, setiap karyawan paham mengenai visi yang dianut oleh perusahaan.
Smart merupakan poin analisis dimana tujuan harus dirumuskan dalam suatu yang sederhana dan mudah dipahami oleh semua anggota perusahaan. Menurut saya, PT Wings mempunyai visi yang sudah dijalankan dengan baik terbukti bahwa PT Wings mampu membuktikan dirinya mampu bermanfaat bagi masyarakat. PT Wings terus berkembang dan berinovasi demi memenuhi kebutuhan berbagai produk rumah tangga. Ini artinya, setiap karyawan paham mengenai visi yang dianut oleh perusahaan.
MEASURABLE
Measurable merupakan indicator kejelasan, kongkrit, dan terukur serta mampu menjadi motivasi bagi karyawan. Dalam perkembangannya, menurut Senada Handito, pengamat pemasaran Yadi Budhisetiawan dari ForceOne juga menilai keunggulan Grup Wings memang pada bisnis fast moving consumer goods (FMCG) yang menjadi bisnis inti Grup Wings. Ia menilai pertumbuhan grup ini sangat fenomenal. “Pertumbuhannya bisa sampai 20% per tahun. Itu sangat fenomenal karena jika dihitung inflasi saja 6%, bisa tiga kali lipat dari inflasi,” ujarnya. Ini membuktikan bahwa PT Wings cukup konsisten dalam hal pemasarannya.
Measurable merupakan indicator kejelasan, kongkrit, dan terukur serta mampu menjadi motivasi bagi karyawan. Dalam perkembangannya, menurut Senada Handito, pengamat pemasaran Yadi Budhisetiawan dari ForceOne juga menilai keunggulan Grup Wings memang pada bisnis fast moving consumer goods (FMCG) yang menjadi bisnis inti Grup Wings. Ia menilai pertumbuhan grup ini sangat fenomenal. “Pertumbuhannya bisa sampai 20% per tahun. Itu sangat fenomenal karena jika dihitung inflasi saja 6%, bisa tiga kali lipat dari inflasi,” ujarnya. Ini membuktikan bahwa PT Wings cukup konsisten dalam hal pemasarannya.
APLIKABLE
PT Wings banyak memproduksi produk rumah tangga, dengan mengutamakan produk rumah tangga ini cukup membuat banyak para peminatnya. Pasalnya, dalam produk rumah tangga pastilah mengutamakan produk-produk yang berkualitas dan competitive bagi pelanggan. Pada masa awal produksinya, PT Wings tidak langsung mengalami penjualan yang memuaskan. Tapi, seiring berjalannya waktu PT Wings mampu bertahan ditengah persaingan industri produk rumah tangga di Indonesia dan mulai mendapat tempat tersendiri di masyarakat. Ini membuktikan bahwa PT Wings cukup mampu mencapai visi dan misinya ke depan meskipun nantinya akan ada pendatang-pendatang baru yang mengusung produk sejenis.
PT Wings banyak memproduksi produk rumah tangga, dengan mengutamakan produk rumah tangga ini cukup membuat banyak para peminatnya. Pasalnya, dalam produk rumah tangga pastilah mengutamakan produk-produk yang berkualitas dan competitive bagi pelanggan. Pada masa awal produksinya, PT Wings tidak langsung mengalami penjualan yang memuaskan. Tapi, seiring berjalannya waktu PT Wings mampu bertahan ditengah persaingan industri produk rumah tangga di Indonesia dan mulai mendapat tempat tersendiri di masyarakat. Ini membuktikan bahwa PT Wings cukup mampu mencapai visi dan misinya ke depan meskipun nantinya akan ada pendatang-pendatang baru yang mengusung produk sejenis.
RELIABLE
Jika dilihat dari sejarah panjangnya. PT Wings mengembangkan sayap usahanya secara vertikal dan horizontal, dan tetap berpijak pada filosofi “To produce Quality and Affordibility at the Convenience of our customers.” Dan PT Wings mencoba berekspansi dengan mengekspor produk ke beberapa negara di dunia, dari Nigeria sampai Filipina. Wings telah berinvestasi baik integrasi hulu dan hilir. Sehingga memungkinkan bagi mereka menghasilkan secara konsisten produk-produk berkualitas dengan biaya lebih rendah berupa harga jual yang lebih rendah dibanding pesaingnya.
Jika dilihat dari sejarah panjangnya. PT Wings mengembangkan sayap usahanya secara vertikal dan horizontal, dan tetap berpijak pada filosofi “To produce Quality and Affordibility at the Convenience of our customers.” Dan PT Wings mencoba berekspansi dengan mengekspor produk ke beberapa negara di dunia, dari Nigeria sampai Filipina. Wings telah berinvestasi baik integrasi hulu dan hilir. Sehingga memungkinkan bagi mereka menghasilkan secara konsisten produk-produk berkualitas dengan biaya lebih rendah berupa harga jual yang lebih rendah dibanding pesaingnya.
TIME ABLE
Setelah 55 tahun berdiri, Fa Wings berubah
total menjadi Grup Wings yang meraksasa seperti sekarang. Meskipun tetap
mempertahankan bisnis utamanya memproduksi sabun colek (toiletries), Wings kini
telah merambah ke berbagai usaha mulai dari bidang perbankan, makanan dan
minuman, perkebunan, bahan bangunan hingga properti.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar